X

TRACK TALK: Lips!! – ‘Akhir Si Jahanam’ (single, 2023)

by Prabu Pramayougha / 1 year ago / 494 Views / 0 Comments /

Single teranyar dari Lips!! ini rasanya cocok untuk digunakan sebagai soundtrack pembuka film laga kung-fu berlatar metropolitan.

Punk rock kembali bergema di skala musik yang lebih luas dalam beberapa tahun ke belakang ini. Tanpa harus membandingkan dengan band kawan-kawan yang bergerak di bawah tanah, skena arus pinggir pun kini mulai digempur kembali oleh beberapa band punk rock yang mampu meraih hati banyak pendengar di sana. Sebut saja band-band macam Dongker, The Jansen, The Rang-Rangs, Dirty Ass bahkan Hong – mereka adalah sekian dari beberapa banyak top of mind para penggiat musik arus pinggir ketika membicarakan soal punk rock.

Kini saya yakin unit punk rock asal Jakarta bernama Lips!! ini pun akan menjadi salah satu entitas dominan di kancah musik arus pinggir dengan rilisnya single terbaru mereka berjudul “Akhir si Jahanam” beberapa waktu lalu di berbagai layanan pemutar musik digital.

Single yang diproyeksikan sebagai jembatan menuju EP terbaru mereka ini lumayan memberikan nuansa berbeda dibandingkan album mereka sebelumnya. Dari segi tata suara, semua aspek suara terasa lebih dipoles dan megah – which is actually good. Tak banyak band punk rock yang memutuskan untuk lebih ‘mawas’ tata suara di rilisan mereka dan mendapatkan hasil yang mumpuni. Setidaknya itu yang telinga saya rasakan. Semua sudut instrumen dan bahkan vokal terasa terpadu padan secara rapat dan efisien.

Nuansa musik yang Lips!! usung di single terbaru ini pun ternyata sedikit mengambil manuver belokan yang sebetulnya tak terlalu radikal – namun bisa dirasa tepat. Lagu ini bernuansa garage rock ala The Donnas atau bahkan band macam The Datsuns. Tapi gigitan punk rock-nya masih terasa lewat raungan vokal Dila yang selalu identikal dari rilisan mereka sebelumnya. Saya rasa ini adalah perubahan yang cerdas karena pada akhirnya identitas Lips!! masih terjaga dengan vokal Dila yang begitu ikonik.

Untuk aspek lirik pun “Akhir Si Jahanam” lumayan menarik untuk disimak. Selain hook-nya anthemic, pilihan narasi soal menghajar seseorang yang mungkin berkonflik dengan karakter utama di lagunya tersampaikan dengan lugas. Dengan lirik macam itu dan musik yang lebih rock ‘n roll, saya bisa membayangkan lagu ini diputar sebagai soundtrack opening sebuah film laga kung fu ala 80-an berlokasi di tengah kota metropolitan. Hey call me weird or anything, that’s my imagination says!

Tentu dengan menariknya single “Akhir Si Jahanam” dari Lips!! ini, saya semakin tak sabar untuk mendengarkan EP mereka secara penuh. Jangan palingkan pandanganmu dari mereka karena EP ini akan dirilis dalam waktu dekat oleh Orange Cliff Records.

Dengarkan “Akhir Si Jahanam” di sini:

Tagged

#review #track talk #music #lips #punk rock

Leave a Reply