X

TRACK TALK: Grief. – Unbridled By the Heaven’s Whispers (Single, 2023)

by Ilham Fadhilah / 12 months ago / 364 Views / 0 Comments /

Calling all Trustkill, Ferret Music, metalcore, weeping-hardcore fans out there to rejoice for Grief’s new single here.

Tengah bersiap buat album perdana, sudah sepatutnya Grief. mencuri perhatian lebih. Karena setelah lima tahun eksis, ini jadi momen krusial sekaligus pembuktian bahwa mereka masih patut buat dipertimbangkan. Maka dari itu, wajar saja jika mereka menunjukkan kebolehannya lewat single “Unbridled By the Heaven’s Whispers”, nomor memukau di sepanjang karir mereka. 

Meskipun bisa dibilang Grief. tak lebih hanya mengamalkan pakem metalcore klasik dengan bermain lebih melodius dan sendu di beberapa bagiannya, namun eksekusinya lah yang membuat padu padan di single ini terbilang tepat. Terlebih menurut saya pribadi, untuk ukuran musik hardcore yang progresif, nomor ini jadi yang paling solid ketimbang katalog sebelumnya.

Lagipula, memang seharusnya metalcore macam mereka ini lebih baik terdengar usang – alias mengacu pada pakem-pakem sound dan karakter awal 2000-an saja. Karena metalcore modern dengan sound yang dipoles disertai pernak-pernik suara lainnya malah terdengar menggelikan atau buat beberapa band malah lebih cocok disebut aib dari kancah itu sendiri.

Hadirnya nomor ini juga bakal membuat penggemar Trustkill, Ferret Music atau Good Life Recordings semacam menemukan titik cerah buat masa depan metalcore klasik di lingkup lokal. Lewat nomor ini saja, Grief. terlihat semakin menjanjikan seiring dengan gelombang kemunculan band-band seperti Hallam Foe yang memilih hijrah dari screamo, serta yang masih hangat muncul dari timur Jawa, Ornament hadir menampakan diri.

Sekilas, “Unbridled By the Heaven’s Whispers” tak memiliki kejanggalan yang kentara, namun hal tersebut akan terasa berbeda jika telingamu terbiasa dijejali referensi Counterparts yang terlalu dominan. Besar kemungkinan kamu bakal merasakan banyak riff serta lead gitar yang mirip dengan milik band asal Kanada tersebut. Saya tak bisa menyebutkan lagu apa atau bagian mana yang mirip, karena katalog musiknya yang generik. Kamu akan sadar dengan sendirinya jika termasuk kategori yang saya sebut di atas.

Kemiripannya semakin didukung oleh bagian outro-nya yang mengingatkan akan  “Wither”, trek dari album The Difference Between Hell And Home (2013). Bagian di mana seluruh instrumen jadi mengawang dengan latar teriakan hingga menimbulkan kesan dramatis. Penempatannya sebagai ending setelah temponya tengah memuncak itu yang membuat keduanya jadi terdengar identik. Meskipun pilihan itu tak bisa disalahkan, namun alangkah lebih epiknya jika bisa membuat part seotentik mungkin. Yah, setidaknya ada upaya untuk menghindari pengerucutan nuansa musik yang serupa dengan band lain.

Sebagai jembatan album, “Unbridled By the Heaven’s Whispers” terbilang cukup membuat Grief. jadi nama yang kehadiran albumnya dinantikan. Pengantarnya sudah cukup menjanjikan, jika nanti lengkapnya malah mengecewakan maka Grief. bakal mudah teracuhkan, sebaliknya jika berhasil memenuhi ekspektasi, kemungkinannya untuk stand out atau bahkan menuju ‘kolam’ yang lebih besar bukan hal yang mustahil. Let’s see!

Tonton video musik “Unbridled By The Heaven’s Whispers” di bawah ini!

Tagged

#grief #hardcore #Metalcore #track talk #bandung