X

TRACK TALK: Grey – Content (Single, 2023)

by Ilham Fadhilah / 9 months ago / 308 Views / 0 Comments /

Lagu teranyar dari unit alternative rock, Grey, yang ternyata narasi serta eksplorasi musiknya mulai mengalami sebuah ‘pendewasaan’.

Rilisnya single terbaru dari Grey ini jadi ajang yang cukup saya tunggu-tunggu. Setelah (bisa dibilang) ‘tersentuh’ oleh EP mereka sebelumnya, What Blooms Us, grup alternative rock/post-hardcore dari Batu ini akhirnya melakukan tindak lanjutnya lewat nomor tunggal bertajuk “Content” yang dilepas pada 14 Mei lalu.

Sedikit bocoran dari narasi yang mereka tuangkan dalam lagu ini, “Content” jadi post break-up anthem soal menjadi lapang dada dengan sikap penuh keikhlasan. Nyatanya, narasi dewasa ini bukan cuma tatanan teks kopong tanpa pendukung, mereka mendukungnya dengan eksplorasi suara yang semakin bijak dari waktu ke waktu, dan single ini adalah refleksi dari bagaimana kondisi atau sikap penulisnya.

Grey – Content

Mengambil tolak ukur dari What Blooms Us, yang meskipun dengan eksperimen seadanya mampu menciptakan formula catchy untuk kelasan musik soft grunge yang dimainkan oleh band lokal, maka “Content” merefleksikan kondisi terprima mereka dalam meracik sebuah materi bernuansa macam itu. Mereka tak hanya berfokus menciptakan nada-nada yang mudah hinggap di telinga pendengar seperti sebelumnya, namun kini tersirat sebuah itikad akan bagaimana untuk mengiringi musiknya dengan permainan yang eksploratif sampai menonjolkan kesan megah serta tanpa mesti terdengar berlebihan – dan single ini bagi saya benar-benar terasa tepat sasaran dari parameter tersebut. 

Mereka membangun nuansa yang ingin mereka tunjukan dalam musiknya dari berbagai aspek hingga sedikit celah untuk menemukan kekurangannya. Narasi lirik yang semakin dewasa, visual cover yang enggak basa-basi namun menguatkan isi lagu,  hingga eksplorasi musik yang bijak benar-benar jadi tanggung jawab besar buat mereka di rilisan selanjutnya untuk tidak terdengar malah merosot atau mengecewakan. 

Konon, rilisnya single ini adalah pertanda kalau mereka sudah bersiap buat album perdananya. Dijembatani dengan satu lagi single serta video music yang akan datang menyusul. Jika memang ini adalah pembukanya, maka buat saya sendiri ini jadi jaminan jika rilisan mereka ke depannya bakal cerah. 

Dengarkan “Content” di berbagai kanal musik digital atau klik langsung tautan di bawah ini!

Tagged

#review #music #grey #track talk #alternative rock

Leave a Reply