Skandal: Mindset Beginner itu Fun!
Berbagi obrolan bersama Skandal soal album debutnya dan bagaimana kuartet ini menikmati perjalanan sebagai band dengan pola pikir beginner.
Tentunya, kita semua setuju kalau Skandal bukan lagi pemula, bahkan kini untuk disebut band sidestream pun rasanya sudah lebih dari itu, mereka layak masuk koridor band mainstream. Dan hal yang mendukung anggapan saya barusan adalah ketika supermarket di dekat tempat saya tinggal kedapatan memutar “Percuma”. Itu selalu jadi tolok ukur gembel yang jitu, mengingat saya sempat memprediksi hal serupa untuk band macam Perunggu atau The Panturas di tengah-tengah perjalanannya dan lihat, kini mereka sudah lihai meliuk di sirkuit musik arus utama.
Tak bisa dipungkiri, unit kebanggaan kota asal gudeg ini memang sudah sebesar itu. Menyongsong dunia band-bandan sejak 13 tahun yang lalu, tentu segala dinamika serta pelajaran sudah kenyang mereka comot. Namun kuartet Siddha, Argha, Robert dan Rheza nggak sungkan buat bilang kalau mereka baru mulai, apalagi setelah album debutnya akhirnya rilis, Melodi, ini jadi garis start selanjutnya buat mereka menjalani Skandal.
Setelah mengecer beberapa single dan EP dalam satu dekade terakhir dan tetap membawa pendengar antusias dengan kehadiran mereka, saya yakin lahirnya album penuh Melodi tentunya sudah sangat dinantikan, sekaligus jadi hutang yang tuntas terbayar buat para personelnya yang nyatanya sudah sempat mengidamkan lahirnya sebuah album, namun urung terjadi lebih awal karena satu dan lain hal, terutama faktor LDR-an band dengan sang vokalis, Siddha yang bekerja di Jakarta beberapa tahun ke belakang.
Setelah kepulangan Siddha ke Yogyakarta, ini jadi momen yang tepat buat mereka merampungkan album penuhnya. Dengan formula yang lebih matang, mereka mantap merilis Melodi sebagai katalog dengan formula pop rock TV Indonesia yang familiar kita dengar di tahun 2000-an. Ya, para personelnya pun mengamini kalau memang musik-musik gitar TV selalu jadi ‘rumah’ buat selera mereka setelah menjelajah banyak musik, bahkan memberangkatkan niat untuk terjun band-bandan.
Album ini juga semerta-merta menunjukan karakter Skandal yang semakin ajeg. Setelah berkutat dengan banyak formula musik, bereksperimen dengan indie rock niche di rilisan-rilisan awal, sampai akhirnya memilih formula musik mainstream dengan lirik Indonesia jadi perjalanan yang selalu mereka nikmati. Meski memakan waktu, mereka tak pernah menyesal, karena mereka selalu menganggap Skandal itu band yang baru mulai.
Dalam obrolan yang saya lakukan daring bersama Skandal, saya akan membahas lebih lanjut soal banyak hal: album baru Melodi, seberapa penting posisi musik pop rock TV Indonesia buat mereka personal, hingga mengapa mindset beginner itu menyenangkan buat mereka. Simak obrolannya di bawah ini!
Pertama-tama, congrats Skandal atas Melodi!
Siddha (S): Terima kasih.
Sejauh ini gimana perasaan kalian setelah merilis Melodi? Setelah mungkin cukup lama proses menuju album penuh?
S: Lega sih yang jelas, karena ini mungkin secara efektif penggarapannya tuh kurang lebih setahun. Meskipun kalau dihitungnya dari formasi sekarang mungkin 8-9 tahunan lah kita nunggu akhirnya punya album, haha.
Overall berarti rasanya lega karena emang kalian ngebayar hutang ke diri kalian sendiri, ya?
S: Bisa jadi, bisa dibilang gitu sih.
Sejauh ini udah ada feedback soal album Melodi?
S: Mungkin secara personal sih, kebanyakan yang ngasih feedback itu pendengar yang kebetulan dia punya blog atau emang suka nulis gitu, jadi lebih banyak ngutarain soal rasanya, bukan secara musiknya.
Kayak kemarin-kemarin ada temen yang ngasih feedback menarik, dia (sekarang) tinggal di Inggris dan bilang, “Album ini bikin gue kangen, tapi sekaligus mengobati kekangenan itu dalam kurun waktu satu album itu”..
Argha (A): Siapa Sid? Si Noel?
S: Bukan lah, hahaha. Iya kurang lebih gitu sih, cuman dari sana gue bisa sedikit memahami apa yang dirasain pendengar, karena ya make sense, sih.
Possibility apa sih yang kalian dapet setelah ngubah formula musik Bahasa Inggris ke Indonesia, dan lebih dimantapkan lagi dalam album penuh Melodi?
Robert (Ro): Kemungkinannya sebenernya kemudahan kita dalam memproses materi, jadi lebih nyaman dan luwes aja sih. Secara, itu bahasa sehari-hari. Meskipun (mungkin) kita kehilangan possibility untuk bisa di-reach pendengar mancanegara, tapi kalo khusus bicara soal Melodi emang lebih enak pake Bahasa Indonesia, meski ini dilihatnya secara prosesnya.
S: Tapi kalo dibilang kehilangan possibility nge-reach pendengar luar nggak juga sih, Bet. Beberapa temen di luar bilang secara khusus album ini musiknya nembus bahasa. Jadi mungkin mereka nggak tau artinya tapi mereka bisa paham rasanya. Meskipun tetep aja sih mereka iseng “Eh, kalo lo punya waktu bisa diterjemahin ke Bahasa Inggris?” request-nya ke gue, hahaha.
Kapan sih kalian mulai pede beralih ke Bahasa Indonesia?
S: Sebenernya agak ke-trigger pertama tuh waktu Robert nulis “Stay Slay Slack” di EP pertama itu kan Bahasa Indonesia. Terus selanjutnya kita bikin “Racau”, makin negasin gimana maunya band ini nulis lirik Bahasa Indonesia. Mungkin itu sih. Lagi pula peralihan ini juga jadi logis dan terkesan nggak dipaksakan karena emang setelah dicoba, akhirnya kita jadi ikut nyoba formula musik yang bisa berkelindan sama liriknya. Ya mungkin buahnya jadi musik gitar yang sekarang Skandal mainin.
Kalo nulis Bahasa Indonesia kan approach-nya beragam, ada yang puitis atau gayanya picisan aja gitu. Gimana kalian awalnya nentuin itu?
Ro: Sejujurnya gue nggak terlalu mikirin itu sih awalnya. Paling pendekatannya mencoba untuk nggak pretensius, lebih apa adanya, sama dicoba buat ngalir aja. Kalo kayak “Racau” lagunya itu sebenernya cerita soal kemacetan di Yogyakarta, tapi ketika sampe ke pendengar jadi lumayan beragam, malah ada yang bilang ini “Ini soal Tuhan, ya?”.
Tapi ternyata yang gue lakuin dari sana jadi mulai kebiasaan. Entah ya lirik di “Racau” itu sebenernya terkesan picisan atau nggak. Taro lah iya, ya udah picisan sekalian aja, kalo misal saat itu lagi ngerasain itu, kenapa nggak ditulis apa adanya? Lebih kayak gitu aja sih.
S: Kalo bisa dibilang, mungkin pendekatan kita lebih ke pengen nulis lirik yang relatif ringan, tapi nggak bikin kita yang buatnya ngerasa geli juga, gitu.
Kalo soal musik, album Melodi seakan-akan jadi upaya kalian bikin musik pop rock Indonesia ala TV yang familiar didenger tahun 2000-an populer lagi, sebenernya seberpengaruh apa gelombang musik TV buat personal kalian?
S: Ngaruh banget sih. Simpelnya musik-musik itu adalah musik yang bikin gue pengen ngeband. Ya, mungkin ini kayak desire gue dari dulu waktu intens nikmatin musik-musik ini di masa sekolah-kuliah, cuman baru dapet kesempatannya sekarang, ketika kita udah pada nginjek usia 30-an.
Ro: Musik TV ngaruh banget sih, sebenernya gue dari SD udah kenal musik, dapetnya dari kakak karena dulu dia suka nyetel MTV, yang mungkin jadi bekel gue ke depannya. Cuman kalo buat gue dulu yang mantik banget tuh pas nemu kompilasi New Generation Calling (2003), di dalemnya ada The Bahamas, “Pesta”, itu bikin gue aneh sendiri dan akhirnya lumayan nyemplung di ranah sana ketika temen-temen sekitar gue mungkin banyak denger band-band mainstream kayak Dewa, gitu-gitu. Tapi gue nggak bisa nyangkal kalau musik-musik yang dulu gue nikmatin di MTV itu sumber energi utama sampe gue ada di titik sekarang dalam hal main musik.
S: Tapi iya ya, dulu kompilasi tuh ngaruh banget buat eksplor musik.
Ro: Iya. Terus mereka juga suka nyertain nomer telfon personel atau siapa lah gitu. Gue dulu iseng suka nelfonin nomer itu satu-satu, nanya-nanya atau cerita gitu. Kayak dulu pas SD, Robi Navicula pernah gue telfon, dapet nomernya kalo nggak salah dari kompilasi grunge gitu judulnya Total Feedback. Seiseng itu sih.
A: Kenapa akhirnya musik-musik TV ngaruh banget buat kita karena momentumnya juga dulu memorable kali ya. Maksudnya, karena dulu platformnya masih tersentralisasi, misal dengerin musiknya hanya di TV atau radio, jadi ya programnya selalu kita tungguin dan ketika akhirnya di-play kaya ada rasa puas banget gitu. Ada sensasi itunya. Meskipun buat musik-musik TV ‘90-2000an awal kalau kita balik nonton YouTube kadang suka mikir “Anjir, ini kok masih keren aja ya?”. Kalo misal disambungin ke album Skandal kenapa banyak orang yang terbawa nostalgia, karena kita yang bikinnya pun ikutan nostalgia.
Rheza (Rh): Setuju sih, karena platformnya terbatas, jadi mungkin band-band yang tampil di TV dulu seakan-akan satu-satunya barometer ‘kekerenan’ anak muda. Saya pun nggak lepas dari salah satunya. Bahkan ketika saya sekarang udah nggak semuda itu pun saya masih look up sama band-band yang dulu saya idolain. Contohnya, trek “Melodi” di album Skandal ini inspirasi utamanya tetep dari Sheila On 7 di lagu “J.A.P”, karena lagunya bagus banget, bahkan pas baru intro.
Kalo boleh name dropping, siapa aja yang jadi ladang inspirasi pada awalnya?
S: Sheila On 7 udah pasti album pertama dan kedua mereka. Padi juga gue suka, terus Cokelat. Terus baru pas SMA gue baru kenal yang agak niche kayak Pure Saturday, Rumahsakit, gitu-gitu.
Dengan referensi musik sekarang yang udah bisa diakses secara luwes banget – yang sewaktu-waktu bisa ngubah keinginan kalian buat nulis lagu di band juga – gimana kalian tetep konsisten dengan selera kalian yang dulu itu
S: Sejujurnya kita nggak pernah mikirin itu. Intinya kita cuman fokus bikin musik gitar yang oke, karena emang itu yang kita suka. Meskipun di balik itu mungkin gue dengerin banyak musik, begitu pun dengan personel yang lain, tapi ya muara dari kita semua selalu berujung ke sana sih. Karena mungkin musik-musik pop rock TV atau radio tadi kita ngerasa itu kita banget aja, jadi itu mungkin kuncinya untuk konsisten, ya?
Malah kita pengen di era di mana sekarang orang bikin musik udah bisa seeksperimental gimana gitu, kita jadi alternatifnya aja, yang lebih simpel, yang lebih straight forward, selain itu yang paling masuk akal buat kita juga sih.
Ro: Karena mungkin kita tumbuh di era itu, jadi buat kita ya musik-musik alternatif ini selalu jadi ‘rumah’ buat selera kita.
Berarti kalian mengamini anggapan “Musik yang didengar di masa remaja itu adalah musik yang akan nempel seumur hidup”, ya?
S: Iya banget.
A: Bagus kata-katamu.
Hahaha, lanjut. Di tahun ke-13 akhirnya debut album Skandal rilis, pernah punya target buat rilis album sebelumnya tapi molor karena satu dan lain hal atau sengaja di-loss aja gitu secara timeline?
S: Kita pernah nggak sih sebelumnya narget album, Gha?
A: Pernah dulu awal-awal, waktu lo masih di Jakarta.
S: 2013-2014 kayaknya kita pernah ngerencanain itu, waktu Rheza baru masuk, Robert belum join. Cuman dulu kita terlena jadi cover band, jadi ya udah fokus manggung, that’s it.
Jadi ya kalo bisa gue bilang, kita itu take this band for granted for too long. Dulu waktu LDR-an kita mensiasati hal itu dengan rilis EP atau eceran single, karena hal itu yang paling memungkinkan, cuman tetep di-treat, ada MV-nya, gitu-gitu biar tetep keliatan produktif. Tapi kayaknya kita ganjel kalo nggak ngeluarin full album, jadi ketika ada kesempatannya ya udah kita lakuin. Makanya salah satu alesan gue balik Jogja tuh buat bikin album, di luar emang gue pengen pindah ya.
Satu dan lain hal, ini juga mungkin karena kalian ngejalanin band ini secara natural ya. Merasa terlambat nggak dengan keputusan itu?
S: Kayaknya menurut gue nggak ada hal yang telat sih, cuman ya di sisi lain kita harus tetep nyediain energinya. Bisa dibilang apa yang kita lakuin sekarang idealnya mungkin dilakuin ketika kita masih umur 20-an awal atau mungkin belasan akhir, tapi ya kalo emang sekarang baru bisa dapet source-nya kenapa juga ngerasa telat? Tapi dengan usia kita yang udah nggak muda lagi dan usia bandnya pun yang nggak muda lagi, mesti usaha ekstra nyiapin energi yang dibutuhin.
Tapi kalo gue pribadi selalu menganggap band ini tuh baru mulai, mulai lagi, mulai terus. Berhubung hal-hal itu dinamis dan kita selalu nemuin sesuatu yang baru along the way, jadi mindset-nya beginner aja.
Rh: Setuju sama apa kata Siddha sih, lebih baik telat daripada nggak sama sekali. Lagipula, garis waktu tiap orang itu beda-beda.
Ro: Nggak ada kata terlambat untuk sebuah revolusi! Hahaha.
A: Setuju, meskipun kalo bisa lebih cepet sebenernya kenapa nggak?
Oke sebagai pemanis, bisa sebutin nggak melodi paling enak yang pernah kalian denger dateng dari lagu apa?
S: Damn!
Ro: Gue dulu kali ya. “Nerdy”-nya Poison The Well. Intronya ada melodi gitarnya kan tuh? Nah itu!
Rh: Kalo saya udah jelas “Roman Picisan” Dewa 19. Nggak ada lawan sih!
S: Gue apa ya? Kayaknya “Bittersweet Simphony”-nya The Verve, deh. Alesannya segala aspek lagu itu bisa ngerangkum semua perasaan jadi satu aja, sih.
A: Aku “1979” The Smashing Pumpkins, itu sederhana tapi nge-hook banget.
Ini terakhir, berhubung judul album kalian terdiri dari satu kata, dan seluruh judul lagunya juga cuman satu kata, kalo kalian masing-masing mesti ngedeskripsiin Melodi dalam satu kata juga, kata apa yang bakal dipilih?
Ro: Vokalis dulu lah..
S: Hahaha, elo lah Bet yang bikin lagu.
A: Aku dulu aja. “Alhamdulillah”
S: Hahaha, deskripsinya alhamdulillah ya.
S: kalo gue “charming” kayaknya
Ro: Rheza apa Za?
Rh: Apa ya Bet? Susah nih, hahaha. Mungkin “fresh” kali ya.
Ro: Gue kayaknya “rad”.
S: Sebenernya gue tau apa sih yang paling pas, “gitarrrrr”.