X

Rekomendasi Jajaran Film Dokumenter (Hardcore) Punk (Rock) yang Patut Disimak

by Prabu Pramayougha / 1 year ago / 1774 Views / 0 Comments /

Rekomendasi beberapa film dokumenter hardcore punk/punk rock yang rasanya sangat sayang untuk dilewatkan dan tak masuk radarmu.

Bagi saya pribadi, selalu seru untuk menonton sebuah film dokumenter – apalagi yang berbau musik dan segala ruang lingkup yang berkaitan dengannya. Karena lewat berbagai paparan narasumber dan bukti multimedia yang tertuang di film tersebut, banyak informasi juga tabir seputar subjek akan dokumenter itu sendiri yang akan terkuak. Sehingga interpretasi akan sosok dan kekaryaan mereka pun bisa terasa lebih terwakilkan secara komprehensif.

Berbicara soal dokumenter musik, saya pun sangat menaruh perhatian besar terhadap dokumenter musik yang berkaitan dengan ceruk hardcore punk atau punk rock. Meski kebanyakan pola cerita dan narasinya masih berulang di satu titik tolak landai yang sama, banyak entitas di dalamnya yang rasanya masih kurang terekspos atau bahkan belum terekspos sama sekali – karena saking banyaknya eksponen yang berkembang di dalamnya.

Lewat tulisan ini, izinkan saya membagikan rekomendasi beberapa film dokumenter hardcore punk/punk rock yang rasanya sangat sayang untuk dilewatkan. Tenang, tidak ada Punk’s Not Dead atau American Hardcore di sini. Bukan berarti kedua film tersebut jelek atau bagaimana, tapi rasanya masih ada banyak dokumenter punk rock di luar sana yang terlewatkan karena subjeknya terlalu obscure atau mungkin tak masuk kisaran radar khalayak myuzik. Sorry if I sound like a snob. Because yes, I am and I’d like to share. See how nice I am, eh?

Okay okay, mari kita mulai daftarnya. Film yang pertama adalah…

Get Action!! (2014)

Tahun itu adalah tahun 1994 dan para penggiat musik Jepang sedang dilanda demam basian grunge dan melodic punk (rock) ala California. Tapi ternyata ada segelintir band di sana pada era itu yang tak peduli akan tren tersebut dan masih meyakini bahwa rock ‘n roll adalah satu-satunya way of life yang masih relevan diemban. Salah satu band dari golongan tersebut adalah kuartet bernama Teengenerate.

Dokumenter ini menceritakan tentang kiprah band garage punk/rock berbasis Tokyo tersebut selama masa aktifnya yang super singkat namun meninggalkan impresi yang mendalam bagi banyak penggemar musik Jepang kala itu – bahkan mereka dianggap sebagai salah satu band terbaik dari Jepang oleh banyak orang di dunia sampai hari ini.

Kid Dynamite: Four Years in a Gulp (2005)

Sudah lebih dari hitungan jari tangan ketika bahasan akan ada berapa banyak dokumenter soal hardcore punk yang sudah tayang sejauh ini. Tapi masih sedikit dokumenter dari ceruk musik itu yang membahas spesifik sebuah band yang datang dari ceruk itu. Dokumenter ini adalah salah satu dari sedikit film dokumenter yang berjenis macam itu.

Four Years in a Gulp adalah rangkuman hikayat tentang band hardcore punk seminal asal Philadelphia, USA di tahun 90-an bernama Kid Dynamite. Mungkin sosok mereka tak semahsyur Earth Crisis atau In My Eyes di kancah hardcore, namun entitas band yang terbentuk dari abu sisaan band melodic hardcore bernama Lifetime itu punya kisah yang menarik selama masa hidupnya – dan terangkum secara menarik di dokumenter ini.

The Other Option: Australian Punk and Hardcore in South East Asia (2016)

Untuk beberapa warga Asia Tenggara, memang sulit untuk bisa berpergian sekehendak hati ke berbagai negara lain. Tentu masalah utamanya adalah nilai mata uang yang jomplang serta sulitnya birokrasi untuk mampu menembus imigrasi di negara tertentu berkat reputasi negara kita. Bayangan masalah yang dipaparkan tadi adalah kurang lebih salah satu isi dari dokumenter ini.

Film ini menceritakan tentang bagaimana negara tetangga paling dekat dengan kita, Australia, melihat kancah hardcore punk/punk rock di sini yang ternyata tak kalah antusias dan aktif dengan negara-negara lain di dunia luar sana dan menjadikan sebagai pilihan lain untuk menjalin korespondensi dan juga bermain musik secara independen. Selain dari perspektif Australia, sudut pandang dari para penggiat skena musik Asia Tenggara pun disuguhkan guna memberikan spektrum pandangan yang lebih menarik untuk dicermati sepanjang film.

We Jam Econo: The Story of Minutemen (2005)

Sudah bukan rahasia kalau entitas yang paling sering kali muncul ketika membahas SST Records adalah Black Flag. Tapi pada kenyataannya, SST Records adalah rumah bagi beberapa band punk rock seminal yang turut menjadi krusial dalam pembentukan etos dan juga perkembangan nuansa musik punk rock sampai ke beberapa dekade berikutnya. Salah satu band penting yang bernaung di SST kala itu adalah Minutemen.

Band asal San Pedro tersebut sering kali dianggap terlalu new wave atau avant-garde oleh para penonton punk rock pada masa itu karena memainkan musik punk rock dengan formula yang lebih ‘jenius’ dibandingkan para koleganya. Reputasi mereka mulai terbentuk baik di beberapa tahun setelah terbentuknya namun sialnya semuanya harus terhenti karena ada sebuah tragedi yang menyebabkan itu. Sila lacak dan tonton film ini untuk menemukan jawabannya.

Turn It Around: The Story of East Bay Punk (2017)

Dokumenter yang diproduseri oleh Green Day ini adalah sebuah jawaban tentang mengapa punk rock sempat mengalami fase visual yang komikal lewat kehadiran beberapa band punk rock bernyanyi yang kerap kali terlihat ceria. Bukan, bukan pop punk. Namun gelombang band-band poppy punk rock di era Lookout! Records macam Screeching Weasel, Crimpshrine bahkan sampai Green Day.

Membatasi pembahasannya hanya di seputar kancah East Bay dan venue punk rock legendaris, Gilman Street 924, Turn It Around adalah sebuah dokumenter yang akan mengajakmu untuk mengenali sebuah kancah musik yang kerap kali dianggap lelucon oleh banyak punk rockers di luar sana namun memiliki peran krusial untuk memberikan kontribusi bagaimana punk rock dilihat dan terlihat di hari ini.


Mungkin ini hanya sedikit dari banyaknya dokumenter hardcore punk/punk rock yang bisa saya rekomendasikan sekarang. Namun tak ada salahnya untukmu menjajal lima film ini terlebih dahulu. Dan, mungkin, setelah menonton film-film ini, kamu akan tertarik untuk menggali lebih jauh informasi yang mungkin tak banyak media atau influencer favoritmu paparkan soal ceruk musik tersebut. Stay digging!

Tagged

#punk rock #documentary #movie #hardcore #music

Leave a Reply