X

TRACK TALK: Saturday Night Karaoke – Smitten (Single, 2023)

by Sendhi Anshari Rasyid / 11 months ago / 451 Views / 0 Comments /

Sajian single terbaru yang manis dari Saturday Night Karaoke seakan siap menginvasi playlist di coffee shop terdekat.

Seakan belum puas menggempur kita dengan beberapa karya teranyarnya pada beberapa bulan terakhir, kini Saturday Night Karaoke kembali hadir dengan amunisi terbarunya yang membawakan konsep sound yang berbeda, yaitu berformat akustik. Memang, single berjudul Smitten tersebut bukanlah lagu berformat akustik perdana yang mereka miliki. Karena trek ‘Took 18 Minutes’ telah lebih dulu eksis bahkan sejak awal karirnya. Tapi dari segi produksi, baik versi crapcoustic pada rilisan ‘Discography’ ataupun versi yang ada di album ‘SLURP’, keduanya jauh dari kata proper. Pun dengan trek-trek akustik pada album ‘Acoustic Approach’ yang hanya digarap melalui live recording sederhana yang menghasilkan output tak begitu istimewa.

Kesan pertama ketika mendengarkan “Smitten” adalah saya langsung merasa kalau lagu ini cocok untuk dijadikan musik latar sebuah film yang berkisah mengenai percintaan muda-mudi yang menggemaskan. Terbayang bagaimana si karakter utama sedang gelisah tak menentu dan mesem-mesem lucu dalam kamarnya, sembari membayangkan skenario di kepalanya untuk mengungkapkan isi hati. Ya, kurang lebih seperti plot awam dari film romcom remaja yang mudah kamu temui di era 2000-an lah. Entah nuansa tersebut memang dirancang sedemikian rupa, atau terjadi secara organik.

Bukan tanpa alasan, karena percikan perasaan yang muncul ketika mendengarkan “Smitten” cenderung romantis dan manis. Trek ini seakan menjadi pedoman sederhana bagi kamu yang kesulitan untuk mengungkapkan perasaan. Penggalan lirik ‘I’d do anything for you, please fall for me too’ menyuguhkan perasaan bittersweet yang kentara. Satu sisi mengundang simpati karena menggambarkan keengganan kondisi cinta bertepuk sebelah tangan, tapi di sisi lain sedikit kesal karena mencoba memaksakan kehendak untuk membalas perasaan yang sama. Saya yakin akan banyak generasi MZ yang relate terhadap hal tersebut. Jadi, tinggal menunggu waktu saja penggalan lirik pada lagu ini dikutip oleh para dating apps warrior sebagai gombalan mutakhir untuk menggaet si calon dambaan hati.

Saturday Night Karaoke - Smitten (Single, 2023)
Artwork ‘Smitten’

Cukup mudah untuk menyimpulkan kalau melalui single terbarunya ini, Saturday Night Karaoke mencoba menjangkau kalangan pendengar baru. Berbeda dengan basis massa dengan yang sudah mereka miliki saat ini. Karena pendekatan yang dilakukan terasa berbeda jauh. Bahkan, lagu ini saya rasa sangat cocok untuk menginvasi dalam racikan playlist ‘Kopikustik’ yang senantiasa diputarkan untuk menyambut pagi ataupun jadi playlist andalan beragam coffee shop. Menyelinap di antara bejibun lelagu akustik lainnya dan saya yakin tak banyak yang menyangka bahwa mereka merupakan dalang dibalik lagu semanis ini.

Kolaborasi dengan Rezki Delian (El Karmoya, Hockey Hook) yang menambah unsur perkusif, juga vokal latar yang diisi Dennis Ferdinand (Manny Rune, Perunggu) merupakan cherry-on-top yang manis dan diperlukan untuk menyempurnakan materi “Smitten”. Terutama harmonisasi vokal ala doo-woop di berbagai bagian yang membuat rilisan ini menjadi stand out. Bahkan jika dibandingkan dengan karya lain dari para musisi yang memang bermusik dengan format akustik. Meskipun memainkan format di luar kebiasaan, tapi sama sekali tak ada kesan bahwa “Smitten” merupakan draft dari lagu setengah jadi yang sebenarnya dimaksudkan menjadi lagu full-band di kemudian hari. Melainkan sejak awal memang di-treatment sebagai lagu yang akan terdengar seperti apa yang tersaji saat ini.

Frasa “eksplorasi” sepertinya jadi kata kunci penting yang melandasi proses kreatif Saturday Night Karaoke pada beberapa single terakhir. Mereka berhasil membawa something new to the table untuk ranah punk rock lokal saat ini, tapi dalam waktu bersamaan tak kehilangan identitasnya.

Jika apa yang dipresentasikan pada “Smitten” akan dijadikan benchmark untuk lelagu akustik Saturday Night Karaoke di kemudian hari, maka rasa excitement saya akan sama besarnya seperti menanti karya format “reguler” mereka. Bukti bahwa trio yang kini berubah menjadi kuartet tersebut merupakan musisi yang versatile. Kekaryaannya cocok dinikmati dalam berbagai situasi dan dimasukkan ke dalam beragam tema playlist kurasimu.

The bottom line is… Saturday Night Karaoke rules!


Dengarkan ‘Smitten’ melalui tautan di bawah ini!

Tagged

#Saturday Night Karaoke #pop punk #track talk #punk rock