X

TRACK TALK: Saturday Night Karaoke – …Abnormal? Abnormal!!! (Single, 2023)

by Sendhi Anshari Rasyid / 11 months ago / 694 Views / 0 Comments /

Keluar dari fase depresif pada rilisan sebelumnya, Saturday Night Karaoke kembali dengan single berbahasa Indonesia ‘…Abnormal? Abnormal!!!’


Mungkin akan banyak yang setuju dengan pernyataan saya bahwa EP ‘Dejection’ yang dirilis tahun lalu merupakan sebuah karya Saturday Night Karaoke yang terdengar asing di telinga. Tak seperti yang terdengar di album SLURP!, Professional Goofballs, ataupun rilisan lainnya. Nuansa suram muram dan depressed terpampang jelas melalui narasi lirik, pembawaan musik, hingga arahan artistik yang digunakan. Melalui output materi yang dihasilkan, sangat terasa perasaan carut-marut yang dipenuhi rasa marah dan frustasi. Pada keempat treknya, mereka memilih untuk membahas hal di ranah sangat personal yang biasanya tak mereka sentuh, yaitu mengenai kesehatan mental. Lalu pada timeline waktu yang sama, mereka juga melepas merchandise yang merupakan rip-off dari desain ikonik kepunyaan American Football. Coincidence? Kedua hal tersebut seakan mengesahkan untuk menobatkan ‘Dejection’ sebagai fase ter-emo yang pernah mereka lewati.

Hampir setahun berselang pasca dilepasnya rilisan tersebut, melalui single terbarunya berjudul ‘…Abnormal? Abnormal!!!’, Saturday Night Karaoke memutuskan untuk kembali pada fitrahnya, yaitu membawakan musik punk-rock yang singkat, padat, dan catchy. Formula musik mereka yang terdengar lebih familiar di telinga saya. Walaupun begitu, tetap ada suguhan baru yang mereka tawarkan dan membuat lagunya tetap terdengar fresh. Terjadi peningkatan dari segi produksi dan juga elemen bebunyian tambahan yang mengalun tipis mengiringi aransemen utamanya. Permainan bassnya juga terasa lebih dinamis jika dibandingkan diskografi Saturday Night Karaoke sebelumnya.

Mungkin hal tersebut juga terpengaruh oleh playstyle dari Yana Setya yang telah terbiasa bermain njelimet sebagai gitaris di unit math-rock hulica. Tinggal menunggu waktu saja menantikan karya lain dari Saturday Night Karaoke yang punya isian bass yang lebih groovy, kompleks, dan teknikal. Hal yang paling saya sukai pada …Abnormal? Abnormal!!! ini adalah harmonisasi yang dilakukan antara vokal utama dan vokal latar yang menjadi semacam cherry on top untuk mempermanis lagu yang sebenarnya bernuansa ngomel ini.

Single …Abnormal? Abnormal!!! juga menandakan pertama kalinya Saturday Night Karaoke menulis lirik berbahasa Indonesia secara proper dan lebih bercerita. Saya sebut proper, karena pada dua lagu terdahulunya, ‘Lamar’ dan ‘Bertemu’, lirik yang digunakan terlampau sederhana dan repetitif. Mekskipun kali pertama, tapi saya tidak merasa kalau liriknya terlalu pretensius ataupun cheesy. Semuanya terasa pas dan straight forward tanpa perlu menggunakan majas yang terlalu berpuisi ataupun pemilihan diksi yang terlalu sederhana. Dalam sekali dengar, saya sendiri bisa langsung menangkap narasi apa yang ingin mereka sampaikan.

Walaupun sudah tidak sedepresif sebelumnya, tapi rasa frustasi yang mereka rasakan nyatanya belum surut. Kini, mereka berkeluh kesah mewakili perasaan para pekerja kreatif yang selalu di-underestimate karena dianggap tidak memiliki pekerjaan yang settle. Sebuah timing perilisan yang pas, mengingat sebentar lagi momen Idul Fitri akan hadir dan perbandingan antara pekerjaanmu dan saudaramu yang ngantor di gedung pencakar langit itu akan jadi perbincangan yang tak ada habisnya dari keluarga terdekat. Sebelum momen itu terjadi, mungkin lagu ini bisa mengiringimu untuk meluapkan emosi sebelum pertanyaan tersebut benar-benar dilontarkan.

Menurut saya, selain trek-trek pada album Banal Semakin Binal dari The Jansen, single …Abnormal? Abnormal!!! adalah contoh yang baik bagi kamu yang ingin mencoba untuk menulis lirik berbahasa Indonesia. Khususnya di ranah punk rock dan turunannya. Kalau dari bocoran orang dalam sih, katanya akan ada beberapa single berbahasa Indonesia yang akan Saturday Night Karaoke rilis ke depannya. Mari kita tunggu saja, kira-kira keluh-kesah apalagi yang akan mereka sampaikan nanti.

Tagged

#track talk #punk rock #Saturday Night Karaoke

Leave a Reply